Manfaat ubi jalar untuk kesehatan



Ubi jalar yang mempunyai nama lain "Lobak" ( dalam bahasa jawa ) ubi jalar ternyata banyak manfaatnya lho sobat! Ubi jalar terbukti sangat bermanfaat bagi penderita diabetes, ubi jalar kaya akan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas. Nah, mau tahu apa saja manfaat ubi jalar untuk kesehatan? Yuk simak ulasan berikut.

Baca juga: Ini alasan kenapa harus makan singkong

Mengurangi insulin

Ubi jalar mengandung gula alami yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Ubi jalar juga bisa membantu mengatur kadar gula darah.

Melindungi mata

Ubi jalar mengandung karotenoid yang akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin ini sangat membantu bagi penderita diabetes. Vitamin A juga akan melindungi mata dari kerusakan karena kelebihan gula dan juga dapat menyehatkan sistem pernapasan.

Kesehatan tulang

Ubi jalar kaya vitamin D yang baik untuk tulang, gigi dan jantung. Vitamin D juga membantu menjaga fungsi normal dari kelenjar tiroid.

Kesehatan otot

Ubi jalar kaya akan kalium yang dapat membantu menjaga jaringan dan otot tetap sehat. Ubi jalar juga bisa mengobati kelemahan otot, kram dan mengurangi pembengkakan. Kalium juga baik untuk jantung dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Meningkatkan aliran oksigen

Kandungan magnesium dan kalium dalam ubi jalar dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, yang pada akhirnya bisa membantu memasok oksigen ke setiap sel tubuh. Ini bisa membantu mencegah kerusakan organ pada penderita diabetes dan juga mengurangi tingkat stres.

Melindungi otak dan jantung

Ubi jalar kaya vitamin B6 yang dapat mencegah stroke, serangan jantung dan juga menawarkan perlindungan untuk organ tubuh lainnya dari efek kerusakan akibat penyakit diabetes.

Asam folat dan zat besi

Ubi jalar dapat mencegah dan mengobati anemia karena mereka kaya akan zat besi dan asam folat. Mereka juga dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam sel darah merah dan juga mengobati anemia karena kekurangan asam folat.

Nah, itulah tujuh manfaat ubi jalar untuk kesehatan yang mungkin belum banyak diketahui. So, tunggu apalagi? Yuk makan ubi jalar sebagai camilan sehat.
Semoga bermanfaat

Comments

  • No Comment Yet
Please login first for post a comment

Widget

Blogroll