Manfaat dibalik segarnya kulit jeruk


Manfaat dibalik segarnya kulit jeruk

Buah jeruk sudah tak diragukan lagi menjadi buah yang super sehat. Hal ini disebabkan karena jeruk tinggi akan vitamin C dan serat yang dibutuhkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mendukung kesehatan sistem pencernaan.

Umumnya saat makan jeruk, Anda pun mengonsumsi dagingnya dan membuang kulitnya. Namun siapa sangka jika kulit jeruk pun memiliki manfaat sehat. Penasaran? Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah jawabannya.

Meredakan gangguan pencernaan
Kulit jeruk yang dikeringkan ternyata tinggi akan manfaat sehat untuk pencernaan. Saat perut Anda sedang tidak nyaman dan kembung, masukkan kulit jeruk yang kering di dalam segelas air hangat. Kemudian minumlah. Ramuan ini efektif untuk meredakan gangguan pencernaan, mual, naiknya asam lambung, serta mampu meningkatkan nafsu makan.

Melarutkan dahak
Di musim hujan seperti ini, penyakit batuk dan pilek pun berdatangan. Seringkali tenggorokan Anda pun dipenuhi dengan dahak. Nah, minum hangat yang dicampur dengan kulit jeruk yang sudah dikeringkan membantu dalam melarutkan dahak serta melonggarkan hidung yang tersumbat.

Bersifat anti mikroba
Kulit jeruk memiliki sifat anti mikroba dan anti inflamasi di dalamnya sehingga dapat membunuh bakteri dan virus di dalam tubuh. Sifat ini juga dapat mengurangi keasaman dan mencegah sembelit dalam perut Anda.

Mengurangi kolesterol
Penelitian menunjukkan bahwa kulit jeruk dapat melarutkan trigliserida dan kolesterol sehingga kolesterol Anda pun akan menurun.

Mencegah kanker usus
Kulit jeruk mengandung flavonoid yang dikenal sebagai hesperidina, bahan alami yang efektif dalam melawan kanker usus besar hingga osteoporosis.

Ternyata kulit jeruk bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Tertarik ingin mencobanya?

Comments

  • No Comment Yet
Please login first for post a comment

Widget

Blogroll