Makanan peningkat kekebalan tubuh untuk vegetarian

vegetarian

Untuk menjaga kekebalan tubuh tetap optimal dan bisa bekerja dengan baik untuk menangkal penyakit, tubuh membutuhkan salah satu zat penting yang disebut zinc atau zat seng. Zinc adalah salah satu nutrisi penting, tak hanya untuk kekebalan tubuh tetapi juga untuk kesehatan pencernaan, mempercepat proses pemulihan, dan menjaga fungsi prostat untuk pria.

Zinc juga diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan sel darah, tulang, otak, jantung, lever, dan otot. Beberapa gejala kurangnya zinc antara lain adalah munculnya jerawat, kurangnya nafsu makan, diare, flu dan demam yang sering muncul, pertumbuhan rambut yang terhambat, dan lainnya.

Zinc bisa didapatkan melalui daging atau daging unggas. Namun jangan khawatir jika Anda adalah seorang vegetarian. Anda masih bisa mendapatkan zinc melalui banyak tanaman dan sayur-sayuran di bawah ini, seperti dilansir oleh Care.

1. Kacang-kacangan atau legume seperti kacang merah, pinto, buncis, dan lainnya.

2. Buah bit dan sayur buah bit.

3. Kacang brazil.

4. Wortel.

5. Sayuran berdaun hijau gelap.

6. Kacang tanah.

7. Bawang merah.

8. Biji labu dan biji bunga matahari.

9. Kecambah.

10. Gandum utuh.

Selain makanan di atas, zinc juga bisa didapatkan melalui makanan fermentasi, karena jumlah zinc akan bertambah melalui proses fermentasi seperti pada pembuatan tempe dan yogurt, semoga bermanfaat.

Comments

  • No Comment Yet
Please login first for post a comment

Widget

Blogroll