Dapatkan 5 nutrisi sekaligus dari lezatnya ikan lele

Dapatkan 5 nutrisi sekaligus dari lezatnya ikan lele

nutrisi yang terkandung dalam ikan lele
Ilustrasi ikan lele

Dapatkan 5 nutrisi sekaligus dari lezatnya ikan lele

Senang mengonsumsi ikan lele? Ikan lele memang lezat untuk dikonsumsi. Dan, yang lebih menyenangkan lagi ikan lele juga menyimpan manfaat sehat yang membuat kita tak perlu ragu lagi untuk menyantapnya. Berikut ini merupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh yang bisa anda dapatkan dari lezatnya ikan lele.

Rendah kalori dan lemak

Sekitar 90 gr ikan lele mengandung 122 kalori dan 6,1 gr lemak. Kandungan rendah kalori dalam ikan lele ini membuatnya menjadi pilihan tepat dalam menu diet. Wanita pada umumnya membutuhkan sekitar 300-500 kalori dalam makanannya, sedangkan pria membutuhkan sekitar 400-600 kalori. Selain itu, kandungan lemak dalam lele juga relatif rendah, yaitu mengandung sekitar 2 gr lemak jenuh.

Asam lemak omega 3 dan omega 6

Butuh asupan omega 3 dan omega 6? Memilih untuk mengonsumsi ikan lele adalah pilihan yang tepat. Ini karena satu ikan lele mengandung sekitar 220 mg asam lemak omega 3 dan 875 mg omega 6. Kedua nutrisi ini memainkan peran penting bagi kesehatan jantung dan kesehatan kognitif otak kita.

Protein

Sekitar 15,6 protein dalam satu porsi ikan lele menyediakan semua asam amino yang dibutuhkan tubuh. Protein lengkap dalam ikan lele membantu tubuh untuk membangun massa otot tubuh dan juga membantu meningkatkan efektivitas sistem kekebalan tubuh. Selain itu, protein juga membantu menyediakan energi, terutama jika tubuh telah menggunakan semua karbohidrat yang dikonsumsi sebagai bahan bakar.

Sumber vitamin B 12

Mengonsumsi satu porsi ikan lele berarti anda telah memenuhi setidaknya 40% asupan harian vitamin B 12 yang direkomendasikan. Vitamin B 12 yang bisa anda temukan dalam ikan lele membantu tubuh dalam pemecahan makanan yang dikonsumsi untuk menjadi energi yang bisa digunakan. Selain itu vitamin B 12 berfungsi melindungi sistem saraf dan menghindarkan tubuh dari rasa lesu.

Rendah merkuri

Hampir semua jenis ikan mengandung merkuri, yaitu kontaminan yang dapat memengaruhi sistem saraf kita. Tetapi, anda tak perlu khawatir untuk mengonsumsi ikan lele, karena ikan lele memiliki kandungan rendah merkuri. Meskipun demikian, kita harus tetap membatasi konsumsi ikan lele. Mengonsumsi ikan lele paling banyak sekitar 340 gr setiap minggu adalah jumlah yang dianjurkan. Membatasi jumlah asupan ikan lele juga sangat penting bagi ibu hamil, karena kandungan merkuri dapat membahayakan kesehatan janin.

Berencana menyiapkan ikan lele sebagai menu makan anda hari ini? Tentu saja ini pilihan cerdas untuk memenuhi nutrisi harian anda.
Semoga bermanfaat.

Tag : Dapatkan 5 nutrisi sekaligus dari lezatnya ikan lele , Nutrisi yang terkandung dalam ikan lele

Comments

  • No Comment Yet
Please login first for post a comment

Widget

Blogroll