Canggih! Duo Lumia 950 Dibekali Liquid Cooling


Canggih! Duo Lumia 950 Dibekali Liquid Cooling

Demi menekan panas berlebih, tak sedikit penggila PC yang membekali komputer kesayangannya dengan pendingin berbasis cairan atau yang juga sering dibilang liquid-cooling. Tapi apa jadinya kalau sebuah ponsel yang dibekali teknologi liquid-cooling? Jawabannya ada di duo Lumia 950.

Windows 10 dan kemampuannya yang bisa secara instan jadi komputer bukan satu-satuya daya tarik yang dimiliki duo Lumia 950. Kedua perangkat adalah ponsel premium pertama yang dibekali teknologi liquid-cooling. Ya, liquid-cooling seperti yang biasanya terpasang di PC penggila hardware.

Tapi jangan berpikir soal ukuran pendingin yang ekstra besar dengan tambahan selang dan lain-lain. Karena dengan ukuran yang dimiliki Lumia 950 pasti Microsoft membuatnya sangat simpel. Pertanyaannya, bagaimana desain Liquid-cooling di duo Lumia 950?

Sayang belum ada gambaran gamblang soal ini, dikutip dari Extreme Tech, Rabu (7/10/2015), Umumnya teknologi liquid-cooling menggunakan pipa pelepas panas berbahan tembaga yang menempel ke prosesor. Pipa pelepas panas yang kerap disebut heatpipe ini teraliri oleh cairan pendingin yang akan menguap bila suhu prosesor mencapai tingkat panas tertentu.

Selanjutnya uap ini akan terhisap oleh kipas pendingin yang akan mengubahnya kembali menjadi cairan. Begitu seterusnya siklus yang terjadi pada teknologi liquid-cooling. Namun lucunya, Extreme Tech mengatakan duo Lumia 950 tak punya kipas pendingin. Sehingga masih jadi pertanyaan bagaimana Microsoft mengubah uap jadi air di sistem pendinginan liquid di duo Lumia 950.

Tapi bagaimana pun caranya apa yang dilakukan Microsoft ini telah membuka era baru sistem pendinginan prosesor di ponsel.

Lumia 950 XL sendiri menggunakan Snapdragon 810 yang diisukan punya panas tinggi. Sehingga penggunaan liquid-cooling di ponsel tersebut mungkin jadi alasan Microsoft melakukannya. Meski begitu, Lumia 950 yang dibenamkan Snapdragon 808 juga dibekali liquid-cooling.

Comments

  • No Comment Yet
Please login first for post a comment

Widget

Blogroll